Senin, 30 Juli 2012

Wajah Baru, Semangat Baru

Tambolaka, 22 November 2011

Jabatan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan merupakan jabatan yang melekat pada seorang istri Camat. Dengan demikian, apabila ada pergantian Camat, maka Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan juga berganti. Hal ini terjadi belum lama ini di Kabupaten Sumba Barat Daya. Setelah pergantian Camat di 4 Kecamatan, pada hari Sabtu, 19 November 2011 Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Barat Daya melaksanakan Acara Pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan. Acara ini dihadiri oleh para Camat selaku Ketua Dewan Penyantun TP PKK Kecamatan, Ketua, Wakil Ketua I, wakil Ketua II, dan Anggota TP PKK Kabupaten Sumba Barat Daya.

Para Ketua TP PKK yang dilantik adalah:
1. Ketua TP PKK Kecamatan Loura : Ny. Carolina Holo
2. Ketua TP PKK Kecamatan Wewewa Utara : Ny. Joice Yakoba Inangele
3. Ketua TP PKK Kecamatan Wewewa Selatan : Ny. Monika Danur, S.Sos
4. Ketua TP PKK Kecamatan Wewewa Timur : Ny. Frederika Magi Dappa

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Sumba Barat Daya, Ny. Margaretha Tatik W. Mete, menyampaikan pesan kepada para Ketua TP PKK Kecamatan yang baru dilantik agar dapat mempertahankan pengurus lama yang telah menjalankan tugasnya selama ini. Hal ini untuk memudahkan dalam melanjutkan kerja TP PKK yang sebentar lagi akan menyelesaikan program kerja tahun 2011. Apabila Ketua TP PKK akan menambah pengurus baru yang dipandang berkompeten, sedapat mungkin, pengurus lama yang aktif, tetap dipertahankan.

Ketua TP PKK Kabupaten Sumba Barat Daya juga menganjurkan agar ketua TP PKK Kecamatan dapat mempererat hubungan kerjasama antar sesama pengurus. Salah satu syarat untuk mewujudkannya adalah dengan sikap rendah hati. Setiap orang tidak ada yang sempurna apapun statusnya, tingkat pendidikannya, usianya, dan juga kemampuannya. Dengan sifat rendah hati, kita mengakui kelemahan dan menerima masukan dari orang lain.

Selanjutnya, beliau meminta para Ketua TP PKK Kecamatan agar melanjutkan kegiatan TP PKK yang sedang dilaksanakan di Tingkat kecamatan sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan. Salah satunya adalah melengkapi Data Umum dan Data Pokja. Harus diakui bahwa kelengkapan data tersebut masih merupakan masalah yang belum teratasi. Dengan upaya sungguh-sungguh dari TP PKK Kecamatan dan Kelurahan/Desa, diharapkan masalah ini dapat segera teratasi.

Dalam kesempatan ini juga, Ketua TP PKK Kabupaten Sumba Barat Daya memohon bantuan para Camat selaku Ketua Dewan Penyantun TP PKK Kecamatan agar dapat mendukung pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di wilayahnya. Sukses TP PKK juga merupakan sukses pemerintah daerah karena TP PKK di daerah merupakan mitra kerja pemerintah daerah. Diharapkan agar ada alokasi dana Desa/Kelurahan yang memadai untuk kegiatan-kegiatan TP PKK Desa/Kelurahan di masing-masing kecamatan.

Di akhir sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Sumba Barat Daya mengucapkan selamat bertugas kepada para Ketua TP PKK Kecamatan yang baru dilantik.

Wajah baru dengan semangat baru untuk mewujudkan tujuan gerakan PKK yaitu memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi luhur, sehat sejahtera, maju mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar