Selasa, 31 Juli 2012


LAPORAN SINGKAT
PELAKSANAAN 10 PROGRAM POKOK PKK
OLEH TP PKK KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA
TAHUN 2012

I.         PENDAHULUAN
Kabupaten Sumba Barat Daya terdiri dari 11 Kecamatan yang terbagi menjadi 129 Desa dan
2
Kelurahan. Wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya terbagi menjadi 3 wilayah Suku yaitu Wilayah Wewewa, Kodi dan Loura dengan kondisi alam geografis dan kualitas sumber daya manusianya bervariasi. Wilayah Kodi dan Loura masih sangat memerlukan perhatian, khususnya dalam upaya peningkatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, yang hal ini dikarenakan keterbatasan kualitas sumber daya manusia maupun potensi sumber daya alam yang ada.
Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Barat Daya sebagai Mitra Kerja Pemerintah Daerah turut berperan aktif dalam mensukseskan program pembangunan daerah. Dengan 10 Program Pokoknya, Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Barat Daya berupaya memperbaiki taraf hidup masyarakat dengan serangkaian kegiatan yang menyentuh unit terkecil masyarakat yaitu Keluarga.
Hingga pertengahan tahun 2012, Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Barat Daya telah melaksanakan sebagian kegiatan Pokja-Pokja dan sekretariat. Sedangkan sebagian kegiatan akan dilaksanakan pada paruh kedua tahun 2012).

II.       PELAKSANAAN KEGIATAN
A.   Ketua dan Para Wakil Ketua :
1.      Melantik Ketua TP PKK Kecamatan Wewewa Tengah, Kodi Balaghar dan Kota Tambolaka.
2.      Mendampingi Pokja-Pokja dan Sekretariat dalam melaksanakan kegiatannya
3.      Mendampingi Pokja III  dalam mengikuti lomba Cipta Menu B2SA dan Menu Serba Ikan Tingkat Propinsi NTT di Kupang.
4.      Mengadakan Rapat Rutin TP PKK Kabupaten bersama TP PKK Kecamatan
5.      Berpartisipasi dalam setiap kegiatan dan perayaan yang diadakan Pemda Kabupaten Sumba Barat Daya.
6.      Membina Kelompok Keaksaraan Fungsional yang terdiri dari kelompok dana pusat, kelompok dana propinsi dan kelompok dana PLS Kabupaten SBD
7.      Menghadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK, Harganas dan Bulan Bhakti GRM tingkat tingkat kabupaten di Desa Manu Toghi Kecamatan Kodi Balaghar, tingkat provinsi di Larantuka Kabupaten Flores Timur dan tingkat nasional di Sidoarjo Provinsi Jawa Timur.
8.      Menghadiri setiap undangan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat Daya dan DPRD Kabupaten Sumba Barat Daya.
9.      Mengikuti Anjangsana ke Makam para Penggagas berdirinya Kabupaten SBD dan beberapa panti asuhan di wilayah Kabupaten SBD.
10. Mengikuti Musrenbang tingkat Kabupaten SBD.
11. Menghadiri peringatan hari Keluarga Nasional di Mataram – Provinsi NTB

B.     Sekretariat
1.      Monitoring dan Supervisi
Dilaksanakan di 11 kecamatan dan dihadiri oleh seluruh pengurus TP PKK Kecamatan dan Ketua TP PKK Desa/Kelurahan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh data yang dibutuhkan untuk dijadikan acuan dalam pembenahan administrasi.
2.      Lomba-Lomba PKK
Akan dilaksanakan di 11 Kecamatan dengan mengacu pada Lomba-Lomba PKK Tingkat Provinsi (6 jenis Lomba Pelaksana Terbaik).
3.      Rapat Konsultasi TP PKK
Akan dilaksanakan setelah Rapat Konsultasi tingkat Provinsi. Rapat Konsultasi diikuti oleh seluruh pengurus TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan dan Ketua TP PKK Desa.
4.      Pembenahan Administrasi
Tim Penggerak PKK Kabupaten SBD terus berupaya menghimpun data yang diperlukan dari seluruh TP PKK Kecamatan untuk diserahkan kepada TP PKK Provinsi NTT untuk melengkapi Data Umum dan Data Pokja TP PKK Kabupaten SBD yang masing kosong. Diharapkan awal bulan Agustus, data ini sudah dapat diserahkan kepada TP PKK Provinsi.

C.     Pokja I
1.      Kunjungan Kasih dan Pembinaan Lansia di 6 Kecamatan (sudah dilaksanakan dengan mengadakan pemeriksaan kesehatan dan mata, pembinaan rohani serta pemberian bantuan beras)
2.      Sosialisi Kadarkum (akan dilaksanakan di 8 kecamatan sebagai lanjutan dari kegiatan yang sama pada tahun 2011)

D.    Pokja II
1.      Bantuan Dana Kelompok KF
Tim Penggerak PKK Kabupaten SBD mendapat bantuan dana untuk 9 (Sembilan) Kelompok Keaksaraan Fungsional Usaha Mandiri kerjasama dengan Yayasan Lumen Veritatis Keuskupan Agung Kupang dan 6 (Enam) Kelompok Keaksaraan Fungsional Usaha Mandiri dari Dinas PPO Provinsi Nusa Tenggara Timur.
2.      Bantuan Dana PAUD
Dalam rangka Hari Anak Nasional, TP PKK Kabupaten SBD telah mendapat bantuan untuk 2 (Dua) Lembaga PAUD dari 16 (Enam Belas) Lembaga PAUD yang telah memasukkan proposal bantuan melalui TP PKK Kabupaten SBD ke Dinas PPO Provinsi NTT. Sedangkan 14 (Empat Belas) yang belum mendapat bantuan sementara diproses.
3.      Pelatihan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K-PKK)
Akan dilaksanakan pada awal bulan Agustus selama 1 hari yang diikuti oleh Pengurus TP PKK Kecamatan dan Pengurus TP PKK Desa/Kelurahan Binaan (Khususnya Pokja II)
4.      Pelatihan Tutor PAUD
Akan dilaksanakan setelah mengikuti kegiatan yang sama di tingkat Provinsi. Kegiatan ini akan diikuti oleh para Tutor PAUD yang dibina oleh TP PKK Kabupaten SBD.


E.      Pokja III
1.      Mengikuti Lomba Cipta Menu B2SA, Lomba Jajanan Kreasi Berbasis Pangan Lokal Non Beras dan Non Terigu, dan Lomba Menu Serba Ikan. Telah dilaksanakan di Kupang pada tanggal 12-18 Juni 2012.
2.      Akan mengadakan Lomba Kudapan Pangan Lokal antar Desa/Kelurahan se-Kabupaten SBD.

F.      Pokja IV
1.      Pemberian PMT kepada bayi di Desa Manu Toghi Kecamatan Kodi Balaghar.
2.      Jambore Kader PKK akan dilaksanakan pada bulan September.


III.    PRESTASI TAHUN 2012
1.      Juara II Pelaksana Terbaik “Tertib Administrasi PKK” yang diwakili oleh Desa Weepatando, Kecamatan Wewewa Timur.
2.      Juara III Pelaksana Terbaik “Pemanfaatan Halaman Pekarangan (Hatinya PKK)” yang diwakili oleh Desa Weepatando, Kecamatan Wewewa Timur
3.      Juara III Lomba Jajanan Kreasi Berbasis Pangan Lokal Non Beras dan Non Terigu Tingkat Propinsi NTT di Kupang
4.      Juara Harapan II Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Propinsi NTT di Kupang


IV.    PENUTUP
Demikianlah laporan singkat pelaksanaan 10 Poram Pokok PKK oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Barat Daya Tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar